Muhammad Hasan Basri

Laki-laki, 21 tahun

Lumajang, Indonesia

Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak Menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.
::
Start
Windows 8 SM Zero
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Minggu, 01 Juni 2014

Tips-tips informatika yang berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari

Penggunaan laptop memang seringkali mengalami hal – hal yang tidak di inginkan. Apalagi penggunaan laptop ini dalam jangka waktu yang berjam – jam. Ini akan membuat elemen laptop menjadi panas.
Bila laptop sudah terasa panas, tidak hanya dapat membahayakan laptop seperti kebakar atau hal lain, melainkan juga dapat memperlambat kinerja laptop.
Laptop yang mudah panas ini biasanya disebabkan karena pemakaian yang tidak baik. Pemakaian laptop yang baik ini maksimal 5 jam dalam sehari. Lalu saat laptop sedang digunakan usahakan untuk menempatkan di bidang datar dan jangan ditempatkan di atas kasur. Sebab, laptop a yang diletakan di atas kasur ketika sedang digunakan, ia tidak akan mendapatkan sirkulasi udara sehingga menjadi panas.
Bila saat ini kamu memiliki perangkat laptop yang mudah panas. Kamu perlu melakukan beberapa hal dalam mengatasinya.
·         Bersihkan laptop secara rutin agar sirkulasi udara pada laptop dapat lancar .
·         Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kipas laptop.
·         Lakukan pengaturan LCD yaitu disetting dengan pencahayaan yang minim sehingga tidak akan menguras energy dan membuat laptop menjadi semakin panas.
·         Cek pengaturan pada BIOS ataupun dengan mendownload berbagai software yang dapat digunakan untuk setiing power laptop misalnya adalah speedfan yang berfungsi untuk mengkontor suhu drive, prosesor, serta komponennya.
Nah, itulah dia tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi laptop yang mudah panas. Semoga bermanfaat !

Cara Jadikan HP Sebagai Modem PC

Ada pertanyaan apa bisa HP dijadikan modem untuk PC? Jawabanya bisa, HP China atau HP merek lokal bisa dijadikan Modem untuk terkoneksi ke Internet dengan menggunakan PC namun ada sedikit setingan dan cara cara yang harus kamu lakukan.
Nah bagi kamu yang mau menjadikan HP untuk modem siponsel.com berikut ini memberikan sedikit tips dan cara seting HP China untuk modem.
1. Perta kamu harus mendownload aplikasi USB_Modem_Driver_ponsel_china.zip (cari ja di mbah google) ini ke pc kamu dulu.
2. Selanjutna hubungkan HP kamu dengan mengunakan kabel USB yang ada ke PC.
3. Setelah tersambung nati akan ada pilihan pastikan kamu memilih “Port Com“.
4. Setelah ponsel tersambung dalam mode Port Com, biasanya akan muncul notifikasi pada Komputer bahwa ditemukan hardware baru. Ikuti lah wizard tersebut. Jika ada pemberitahuan bahwa driver tidak ditemukan, pilih untuk menginstal secara manual (Have Disk). Kemudian, browse atau cari lah folder yang telah di extrak pada nomor 1 di atas, lalu klik Next dan Continue Anyway.
5. Sampai disini HP kamu sudah dikenali oleh pc sebagai modem. Untuk memastikanya kamu bisa melihatnya dengan cara buka Control Panel -> Phone And Modem Option -> Modems.Disitu akan terlihat nama modem: MTK GPRS USB Modem.
6. Double klik pada MTK GPRS USB Modem, Pilih Tab Diagnostic kemudian klik Query Modem. Jika sukses, berarti modem sudah berfungsi dengan baik.
7. Kemudian pilih Tab Advanced. Pada Extra Initialization Command, isi dengan: AT+CGDCONT=1,”IP”,”APN-sesuai-operator”. Adapun APN, Username dan password operator GSM yang ada di indonesia adalah sbb:
·         Telkomsel: telkomsel – wap – wap123
·         XL non unlimited: www.xlgprs.net – xlgprs – proxl
·         XL Unlimited: xlunlimited – kosongkan – kosongkan
·         Indosat: www.indosatgprs.com – indosat – indosat
·         Three non Unlimited: 3gprs – 3gprs – 3gprs
·         Three Unlimited: 3data – 3data – 3data
·         Axis:  AXIS – axis – 123456
Jadi jika kamu menggunakan kartu SIM telkomsel, maka yang kamu isikan adalahAT+CGDCONT=1,”IP”,”telkomsel”. Jadi Sesuaikan saja dengan operator yang kamu pakai. Jika telah selesai, Klik OK dan OK lagi hingga selesai.
8. Langkah selanjutnya, pada komputer kamu, buka Control Panel -> Network Connection -> Create a new connection. Klik Next, Pilih Connect to the internet kemudian klik Next. Pilih Setup my connection manually dan klik Next. Pilih Connect using dial-up modem lalu klik Next. PadaISP Name, ketikkan nama operator misal Telkomsel lalu klik Next. Pada Phone Number, isi dengan *99# lalu klik Next. Isi Username sesuai dengan tabel di atas, misal kalau telkomsel di isi dengan wap, lalu password di isi dengan password sesuai operator nya, misal kalau menggunakan telkomsel, di isi dengan wap123. Klik Next lalu Finish.
Sampai disini sebnarnya setingan cara menjadikan HP sebagai modem sudah selsai dan tinggal mengkonekan saja ke internet caranya Start -> Connect To lalu pilih nama koneksi yang telah di buat tadi misal Telkomsel, lali klik Dial. Nah jika berhasil maka kamu akan tersambung ke Intenet.
Nah dengan tips dan trik ini semoga kamu bisa menjadikan HP yang kamu miliki sebagai modem untuk terhubung ke internet melalui PC. Selamat mencoba.

Tips Untuk Melindungi USB Flash Drive Agar Tidak Mudah Rusak

USB Flash Driver merupakan salah satu merupakan salah satu alat penyimpanan data yang paling penting. Dan saat ini hampir semua orang memilikinya. Data – data yang ada di dalam notebook dapat di pindahkan di USB driver ini.
Namun, dari sekian banyak yang memiliki USB flash Driver ini. Tidak semuanya dapat melakukan pemakaian secara benar. Baik mulai dari mencolokan hingga melepaskan dari notebook. Kesalahan kecil yang dilakukan terus menerus dapat berakibat buruk bagi data di dalamnya. Bahkan data di dalamnya bisa hilang dan USB Flash Driver yang kamu miliki pun bisa rusak.
Nah, untuk itu kamu perlu melakukan beberapa tips untuk melindungi USB Flash Driver agar tidak mudah rusak seperti yang dilansir dari Merdeka.com.
1. Pindahkan atau cabut flash drive dari PC atau Notebook dengan cara yang benar
Ketika kamu ingin memindahkan atau mencabut USB Flash drive ini . Kamu perlu menunggu hingga flash driver berhenti. Contohnya jika USB Flash driver ini sedang berkoneksi. Kamu perlu menghentikan koneksinya, lalu mengklik icon ‘Safely Remove Hardware’ yang ada pada bagian sistem. Jika sudah begini kamu boleh mencabut Flash driver dari PC kamu. Sebab, jika hal ini tidak dilakukan terlebih dahulu maka flash drive dicabut pada saat drive sedang bekerja (membaca atau menulis file), maka data yang terdapat di dalamnya dapat rusak dan bahkan hilang.
2. Tidak memaksakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan flash ke konektor
Ketika kamu mengalami kesulitan saat ingin mencolokan USB flash Driver ke PC maka jangan di paksakan. Sebab, bila hal ini dilakukan dapat merusak socket dan perangkat penyimpanan flash . Selain itut,  gunakan USB flash driver ini dalam kondisi satu arah.
3. Selalu lakukan backup terpisah untuk semua data
Jika kamu ingin menyimpan data di Flash Driver, usahakan untuk selalu backup di tempat lain. Sebab, USB Driver bisa saja terserang virus . Jika sudah begini, tidak menutup kemungkinan data yang kamu miliki bisa hilang. Untuk itu tetaplah melakukan backup di lokasi lain terhadap informasi penting yang kamu miliki.
Nah, itulah dia tips yang dapat kamu lakukan untuk melindungi USB Flash Driver agar tidak mudah rusak.

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Hotspot WIFI

Teryata HP Android yang kamu miliki juga bisa dijadikan sebagai WIFI Hotspot sehinga jika kamu punya perangkat laptop kau juga bisa terhubung ke internet dengan memanfaatkan Wifi Androdid. Cara menjadikan HP android sebagai Wifi Hotspot pun tidak terlalu sulit, hanya ada beberapa pengaturan yang perlu kamu lakukan.
Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan juntuk menjadikan HP Android sebagai hostpot untuk Wifi keperangkat lain.
Cara setting / mengaktifkan :
1. Masuk ke menu Settings >> Wireless and Networks >> Tethering and Portable Hotspot.
2. Pilih Configure Wi-Fi Hotspot, anda akan menemukan jendela setting Wi-Fi anda. Previewnya bisa anda lihat pada gambar diatas
·         Network SSID isi dengan nama tampilan Wifi yang akan terdeteksi nanti.
·         Security ada 3 pilihan, WPA PSK dan WPA2 PSK untuk keamanan menggunakan password. Jadi jika anda menggunakan salah satunya, wifi anda hanya akan bisa diakses oleh orang yang mengetahui passwordnya. Untuk None berarti Wifi anda akan menjadi open wifi dan bisa digunakan siapa saja.
·         Form password : password yang akan digunakan untuk masuk k wifi anda (jika anda mengkatifkan WPA PSK atau WPA2 PSK
3. Setelah konfigurasi selesai, tekan OK.
4. Beri tanda centang pada Portable WiFi Hotspot. Jangan lupa nyalakan internet anda
5. Test di laptop anda, search jaringan Wifi yang tersedia. Jika langkah anda benar maka anda akan menemukan Wifi andoid anda disana.
6. Koneksikan dan anda siap berselancar di dunia maya.
Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyeting HP android kamu agar bisa digunakan untuk hotspot.


0 komentar: