Muhammad Hasan Basri

Laki-laki, 21 tahun

Lumajang, Indonesia

Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak Menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.
::
Start
Windows 8 SM Zero
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Minggu, 01 Juni 2014

Berbagai cara dalam menggunakan media internet

Berbagai cara dalam menggunakan media internet dalam kehidupan sehari-hari kita lebih menggunakan fasilitas-fasilitas yang mengandung internet,contoh facebook,twitter,BBM,dan lain sebaigainya.Di bawah ini tips-tips untuk melakukan media internet
Internet merupakan salah satukumpulan  jaringan komputer yang terkoneksi satu sama lain yang di dalamnya melayani miliyaran pengguna di seluruh dunia untuk melakukan aktivitas di dunia maya. Apapaun yang kamu cari , semuanya ada di dalam internet seperti berbagai macam informasi dalam bentuk text , gambar , audio , video dsb.
Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini internet dapat dihubungi dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari sebuah komputer notebook. Namun, perlu kamu ketahui bahwa internet juga memiliki ancaman berbahaya.
Ancaman ini biasa di sebut dengan ancaman cyber yang bisa mengancam privasi yang kamu miliki. Untuk itu, dalam menggunakan internet kamu perlu berhati – hati dan kamu juga bisa melakukan beberapa tips aman ketika internetean seperti yang disarankan oleh Head of Communications and Public Affairs, Indonesia and Greater Mekong, Amy Kunrojpanya.
Simak ulasannya berikut ini :
1. Atur Settingan
Saat ingin menggunakan internet, kamu juga erlu mengatur kebijakan privasi yang kamu miliki. Apakah semua hal yang kamu post bisa dilihat oleh publik atau hanya diri kamu sendiri. Kamu juga dapat menggunakan mode”Incognito” yang bermnfaat untuk menyembukikan apapun yang kamu downoad di internet tersebut agar tidak di rekam oleh browser.
2. Pikir Dulu Sebelum Posting Sesuatu
Saat kamu ingin membagikan apa yang kamu pikirkan di salah satu jejaring sosial kamu. Sebaiknya kamu pikir terlebih dahulu. Karena media internet ini semua orang bisa melihatnya, bahkan bisa dengan mudah dapat menyalin (copy), mem-forward dan men-share konten yang kamu bagikan ke internet.
3. Buatlah Password Yang Sulit Ditebak
Untuk melindungi akun kamu di hacker oleh orang lain. Karena kejahatan Hacker di internet ini sudah menyebar luas . Untuk itu, sebisa mungkin kamu mmebuat paswword yang sulit di tebak. Contohnya terdiri dari 8 karakter atau lebih, dan merupakan kombinasi dari angka, huruf dan simbol. Dengan begini dipercaya password kamu kuat aman.
4. Waspadai Penipuan di Internet
Kejahatan juga banyak beredar di internet. Salah satunya penipuan atau biasa di sebut dengan kejahatan “Phising” dimana kejahatanhttp://siponsel.com/wp-admin/post-new.php ini bertujuan untuk mencuri informasi pribadi seseorang melalui jebakan situs-situs palsu, email spam hingga program berhadiah. Untuk itu, kamu lebih berhati – hati lagi dan perhatikan situs yang kamu ikuti, bila itu situs resmi kebanyakan menggunakan HTTPS untuk enkripsi keamanan ganda. Dan jangan pernah merespons email atau postingan yang mencurigakan meski itu berasal dari teman serta jangan pernah merespons permintaan password. Lembaga resmi termasuk bank tidak akan pernah meminta data password.
5. Jangan Lupa Signout
Cara ini dilakukan agar browsing yang kamu lakukan tadi tidak bisa di gunakan orang lain. Khususnya bagi kamu yang internetan dengan menggunakan komputer publik. Untuk itu, ketika ingin mengakhiri internetan kamu jangan lupa meng-klik tombol signout/logout dan selalu mengunci (lock) perangkat mobile yang kamu miliki.
Nah, itulah dia kelima tips aman ketika internetan.

Cara Aman Browsing di Hotspot WiFi Gratis

Jaringan WiFi memang merupakan salah satu layanan jaringan data yang bisa memberikan layanan gratis bagi pengguna online dengan cara hotspot dimana saja kamu berada. Asalkan ditempat tersebut tersedia jaringan WiFi.
Namun , dengan layanan gratis ini ada beberapa kendala yang bisa jadi merusak perangkat yang kamu gunakan. Untuk itu, kamu perlu berhati – hati karena menggunakan hotspot WiFi gratis, pada dasarnya akan melalui jaringan data-data penting yang tanpa disadari akan rentan olehhacker.
Bahkan menurut seorang pemimpin divisi kejahatan dunia maya dari Europol, Troels Oerting mengatakan bahwa serangan melalui jaringan WiFi publik semakin meningkat dan sulit untuk dideteksi. Hal ini juga diungkapkan oleh Dr Martyn Thomas dari Lembaga Teknik dan Teknologi mengatakan bahwa perangkat lunak gratis dan WiFi gratis berpotensi membahayakan semua orang.
Sementara itu, peneliti keamanan senior di Kaspersky Lab, David Emm. mengatakan “Browsing di kafe atau restoran merupakan ancaman terbesar. Hacker bisa dengan mudah masuk ke akun  atau membobol informasi sensitif lainnya. Mereka memiliki kunci yang dapat membuka kehidupan digital yang kamu miliki,”ungkapnya.
Namun, untuk menghindari hal tersebut. Ada beberapa cara yang kamu lakukan agar aman browsing menggunakan Hotspot WiFi gratis seperti yang disarankan oleh David  :
1. Gunakan username dan password atau transmisi data rahasia.
2. Sebelum Anda log-in ke situs web, pastikan bahwa itu aman – cari ‘https’ dengan simbol gembok terkunci dan periksa sertifikat keamanannya.
3. Lindungi komputer dengan produk keamanan internet terkemuka.
4. Lindungi semua perangkat gadget, termasuk laptop, tablet, dan smartphone dengansoftware antivirus yang selalu update, bukan hanya PC .
Nah, dengan begini perangkat kamu akan aman oleh Hacker dan jauh dari resiko kerusakan.


0 komentar: